Warna Cat Ruang Tamu Menurut Feng Shui

Ketentuan dalam feng shui tidak cuma dikenakan untuk posisi atau letak rumah, namun juga warna cat tembok rumah. Logikanya warna tembok yang cocok dengan penghuninya tentu akan memperkuat mood yang akhirnya akan membuat mereka lebih sehat dan betah tinggal di rumah. Pengaruh tidak langsungnya adalah warna yang pas tadi membuat para penghuni senantiasa berpikir positif dan optimis. Warna cat ruang tamu menurut feng shui misalnya adalah kuning yang melambangkan kecerahan dan kebahagiaan.


Setiap ruang di rumah pun memiliki warnanya sendiri-sendiri. Misalnya kamar tidur, warna yang sesuai yaitu aneka warna pastel misalnya apricot dan warna-warna yang memperlihatkan unsur tanah diantaranya cokelat muda atau krem. Namun sebaiknya dihindari merah atau oranye ataupun biru tua,  hijau tua, dan abu-abu tua. Ruang tidur perlu suasana nyaman, tenang yang seolah-olah menyatu dengan unsur tanah. Mengaplikasikan warna bright untuk dinding ruang tidur akan menyebabkan penghuninya jadi aktif dan tak bisa istirahat. Sementara aplikasi warna gelap akan menghasilkan aura depresi. Adapun aplikasi warna kamar anak, jauhi warna pink atau ungu sebab akan mengakibatkan anak-anak terus ingin bermain sehingga sulit tidur. Terapkan warna hijau muda lalu untuk warna pink atau ungu cuma menjadi warna pelengkap saja.

Kemudian untuk kamar mandi, warna yang tepat juga warna-warna pastel ataupun putih. Tak disarankan mengaplikasikan warna biru laut, cokelat tua, hijau tua, serta abu-abu. Kamar mandi memiliki unsur air sehingga bila memasukkan warna air misalnya biru tentu menjadikannya nampak over. Penghuni akan merasa lekas jenuh ketika ada di dalamnya. Lanjut dengan warna dapur, disarankan menggunakan cokelat muda. Hindari menggunakan warna biru laut, merah, hijau tua, atau hitam. Area dapur adalah pusat rumah yang perlu warna yang mengesankan kegembiraan. Dapur pun memiliki unsur api yang akan lebih bagus apabila dinetralisir warna-warna muda. Dinding dapur berwarna gelap biasanya menurunkan mood ketika memasak yang akan berpengaruh pada hasil masakan.

Ruang makan paling cocok bila menggunakan warna hijau muda serta tak dianjurkan menerapkan warna merah. Warna merah bakal menurunkan nafsu makan penghuninya dan bahkan bisa hilang sama sekali. Aplikasi warna lembut semisal hijau muda akan menjadikan para penghuni rumah berselera menyantap makanan segar diantaranya sayur-mayur atau buah-buahan.

Terakhir ruang kerja, warna yang sesuai yaitu yang menampilkan unsur logam misalnya kuning muda untuk tembok. Tak disarankan untuk menggunakan warna yang mengandung elemen air misalnya biru. Warna sebagai elemen air lebih bersifat menenangkan, dengan begitu justru akan menyebabkan para penghuninya  ingin menunda pekerjaan. Sementara warna cerah bisa memperbesar semangat yang semula loyo.
LihatTutupKomentar