Cara Mencampur Warna Cat Motor

Mengkustom cat sepeda motor adalah cara yang tepat untuk memberi tampilan unik. Anda bisa melakukan sendiri untuk mengurangi biaya tenaga kerja sembari memberikan sentuhan pribadi yang ingin Anda tambahkan. Lebih jauh lagi, bisa jadi sangat menyenangkan mengecat sepeda motor jika memang Anda adalah penggemar motor sejati. Artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara mencampur warna cat motor dan persiapan pengecatan.


Setiap macam warna biasanya sudah ada produknya di pasaran misalnya : merah ferrari, hijau kawasaki, putih, kuning dan sebagainya. Namun bila anda menginginkan tampilan warna yang unik, anda bisa mencampur sendiri cat untuk motor. Cara mencampur warna cat motor selalu berpatokan pada pembagian warna yaitu primer, sekunder dan tertier. Warna primer adalah merah, biru dan kuning. Warna sekunder diperoleh dengan mencampur antar warna primer, misalnya biru + kuning menghasilkan hijau, merah + biru menghasilkan ungu, merah + kuning menghasilkan orange. Perbandingan pencampuran tak mesti satu banding satu, bila ingin mendapatkan varian warna yang unik, anda bisa bereksperimen dengan berbagai perbandingan.

Setelah diperoleh campuran cat yang diinginkan, tahap selanjutnya adalah persiapan pengecatan. Tahap pertama adalah mengoleskan dua lapisan primer epoxy. Ini akan membantu melindungi logam dari kelembaban dan mencegah efek yang tidak diinginkan seperti berkarat. Ikuti petunjuk pada kemasan untuk mengetahui pengeras mana yang harus dicampur dengannya. Pastikan untuk membaca petunjuk pemakaian di kemasan saat masih berada di toko cat sehingga Anda bisa membeli pengeras pada saat bersamaan. Campur primer dengan pengeras. Tuangkan larutan ke kaleng pistol semprot. Semprotkan satu lapis secara merata dan biarkan sampai kering, lalu ulangi. Ikuti petunjuk pengeringan yang disarankan pada kemasan untuk primer yang Anda beli. Saat menerapkan produk apapun dengan alat semprot, pastikan untuk menggerakkannya secara perlahan dan merata ke seluruh permukaan bodi motor.

Sebagian besar primer akan menghasilkan tekstur kasar terutama setelah beberapa lapisan, jadi Anda harus menghaluskan permukaan tersebut agar rata. Gunakan amplas basah dan kering dengan ukuran 2000-grit. Jangan gunakan thinner untuk membersihkan primer, cukup gunakan lap lembut untuk menyeka kotoran di permukaan yang baru diampelas. Anda tentu tidak ingin epoxy primer mengkontaminasi warna cat yang ingin diterapkan, karena itu bersihkan terlebih dahulu spray gun yang akan digunakan.

Seperti halnya epoxy primer, gunakan rasio yang direkomendasikan oleh kemasan pada produk cat yang Anda beli. Pastikan bahwa Anda telah mencampurkan cat tersebut dengan seksama. Ini akan mencegah penyumbatan pada spray gun dan memastikan lapisan cat yang mulus di motor Anda. Lakukan pengecatan tiga sampai empat lapis. Biarkan setiap lapisan benar-benar kering sebelum mengaplikasikan lapisan selanjutnya. Gunakan waktu pengeringan yang direkomendasikan pada kemasan cat.
    
Setelah lapisan cat ketiga dikeringkan, haluskan permukaannya lagi dengan amplas basah dan kering 2000-grit. Tujuannya untuk membuat permukaan yang dicat menjadi sangat halus sebelum diaplikasikan lapisan cat terakhir. Usap permukaannya dengan lap bersih setelah pengamplasan. Semprotkan lapisan cat terakhir dan biarkan kering. Bersihkan alat semprot secara menyeluruh hingga bersih setelah menerapkan lapisan cat terakhir.
LihatTutupKomentar