Apa Saja Perbedaan Margarine Dan Mentega

Masyarakat awam mungkin masih resah membedakan margarine dan mentega. Kedua materi masakan ini mempunyai banyak kegunaan mulai dari menciptakan roti, masakan ringan anggun sampai untuk materi olesan roti. Sebagian orang mungkin lebih suka dengan citarasa mentega dan sebagiannya lagi mungkin cocok dengan margarine. Meski penggunaannya cenderung sama, mentega dan margarin yaitu dua produk yang sangat berbeda. Perbedaan margarine dan mentega utamanya yaitu materi baku pembuatnya dan jenis lemak yang dikandungnya.

Apakah mentega (Butter) itu?

Mentega yaitu produk susu yang dibentuk dengan cara mengaduk-aduk susu atau krim. Proses pengadukan mempunyai kegunaan untuk memisahkan lemak susu (padatan) dari buttermilk (cairan). Mentega yang paling sering kita beli di pasaran terbuat dari susu sapi, meskipun beberapa jenis mentega pun ada yang terbuat dari susu domba, kambing, yak, atau kerbau. Biasanya mentega mempunyai warna kuning pucat namun ada juga yang cenderung putih atau malah kuning tua, tergantung dari jenis pakan yang diberikan ke binatang ternak. Karena hanya terbuat dari satu materi maka mentega sanggup dibentuk di rumah.

Anda mungkin pernah mendengar butter cream manis. Butter cream anggun yaitu mentega dimana krim yang dipakai untuk menciptakan sebelumnya sudah dipasteurisasi atau dipanaskan untuk membunuh patogen sehingga sanggup mencegah pembusukan. Meski kebanyakan mentega yang ada di pasaran sudah dilakukan pasteurisasi namun ada juga beberapa yang dibentuk dari susu mentah. Kualitas sebuah mentega ditentukan oleh kandungan lemak di dalamnya yang akan mensugesti rasa dan tekstur. Mentega berkualitas setidaknya mengandung 80 persen lemak. Tak heran jikalau mentega mengandung lebih tinggi kolesterol dan tinggi lemak jenuh dibanding margarin.

Apakah Margarine itu?

Margarin yaitu produk non dairy yang dibentuk sebagai pengganti mentega. Meskipun awalnya terbuat dari lemak binatang pada sekitar tahun 1800-an, namun ketika ini materi utama margarine yaitu minyak nabati, air, garam dan emulsifier. Tidak ibarat mentega, margarine tidak sanggup dibentuk sendiri di rumah alasannya yaitu prosesnya cukup rumit. Seperti juga mentega, margarine pun mempunyai kandungan lemak yang berkisar mulai 10 % sampai 90 %. Jika kadar lemak sedikit maka artinya kadar air pada margarine cukup tinggi. Karena terbuat dari minyak sayur maka margarine terbebas dari kandungan kolesterol dan lemak jenuh. Kandungannya terutama yaitu lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal.

Melihat perbedaan margarine dan mentega maka dalam penggunaannya akan mensugesti pada rasa, tekstur dan gizi. Penggantian mentega dengan margarine ketika dipakai menciptakan masakan ringan anggun akan berakibat pada citarasa yang dihasilkan dan juga tekstur yang cenderung keras sesudah dipanggang. Margarine mempunyai variasi penggunaan yang lebih bermacam-macam dibanding mentega, salah satunya margarine sanggup dipakai sebagai pengganti minyak goreng alasannya yaitu sama-sama terbuat dari minyak sayur.


LihatTutupKomentar