Trik Campuran Warna Cat Sepeda Motor

Memilih warna sepeda motor boleh jadi akan membingungkan konsumen. Lebih-lebih lagi saat ini cukup banyak pilihan warna yang ditawarkan produsen. Memilih warna cat motor memang terpulang dari warna yang disuka, akan tetapi perlu diketahui juga bahwa warna bodi motor bisa menentukan mahal tidaknya perawatan. Ketika akan mengecat ulang warna bodi sepeda motor, untuk warna-warna tertentu tak setiap bengkel cat mampu meramu sesuai warna tersebut.


Warna cat sepeda motor umumnya meliputi : hitam, merah metalik, putih mutiara, hijau metalik, hitam metalik dan biru metalik. Beberapa warna cat sepeda motor berikut cukup jarang digunakan seperti : pink, silver metalik dan emas. Menentukan warna cat motor jelas memerlukan pengetahuan akan kelebihan dan kekurangan warna yang dipilih. Misalnya merah metalik biasanya banderol harga catnya agak mahal bila dibanding warna lainnya.

Hitam adalah warna paling umum diterapkan ke bodi sepeda motor dan juga mobil. Warna hitam pun sangat mudah dalam hal perawatan bila suatu saat warnanya sudah kusam. Cat warna hitam lebih murah dan gampang diperoleh. Namun memang warna hitam cenderung monoton meski bisa dikombinasi dengan warna-warna lain untuk tampilan yang lebih semarak. Warna kedua yang juga umum diterapkan ke bodi sepeda motor adalah putih. Perawatan warna putih pun gampang dalam artian banyak toko atau bengkel cat yang menyediakan cat warna ini. Hanya saja sepeda motor dengan warna putih cenderung cepat kotor terlih saat digunakan kala musim hujan.

Selanjutnya adalah warna merah metalik yang banyak disukai orang sebab motor jadi terlihat ngejreng dan mencolok. Hanya saja warna merah metalik agak susah diperoleh saat motor harus dicat ulang karena sudah belang-belang. Cat warna ini pun agak mahal dibanding warna cat lain. Hijau metalik juga sebagai warna populer bagi banyak orang. Untuk perawatan warna ini pun tak terlalu susah sebab banyak yang menjual. Akan tetapi harus dimengerti jika warna hijau metalik agak sulit saat pengecatan dalam arti menyamakan dengan cat lama. Bila hendak mengecat ulang warna hijau metalik ini ada baiknya jeli dalam memilih bengkel cat.  Warna biru metalik pun tak ada kesulitan berarti. Kelir yang satu ini diminati sebagian orang sebab tak semuanya cocok dengan warna ini. Begitupun hitam metalik yang juga mudah dalam perawatan dan pemilihan paduan warna lainnya. Akan tetapi pada prinsipnya setiap warna adalah menarik menurut selera orang yang memilihnya.

Membuat campuran warna cat sepeda motor untuk memperoleh warna yang diinginkan memang cukup sulit. Terlebih jika warna yang ingin dihasilkan adalah warna metalik. Trik mengoplos campuran warna cat sepeda motor agar bisa menghasilkan warna yang dikehendaki yaitu dengan mencoba menyemprotkan terlebih dulu. Bila belum sesuai bisa diencerkan dengan sedikit thinner. Adakalanya warna yang sudah dioplos bisa berbeda dengan ketika disemprotkan.
LihatTutupKomentar