Mengenal Warna Cat Merah Ferrari

Jika dirunut dari permulaan diselenggarakannya balapan Formula 1 sampai sekarang, team F1 Scuderia Ferrari konsisten memakai warna merah. Populer disebut dengan warna merah Ferrari. Sejarahnya saat pertama kali team ini ikut balapan pada tahun 1950, berlaku regulasi menyangkut tampilan mobil yang akan membedakannya dari negara peserta lain.


Ketentuan ketika itu menentukan bahwa untuk mobil peserta dari Perancis menggunakan warna biru Bleu de France, lalu peserta dari Inggris menggunakan warna hijau British Racing Green, Jerman memakai warna perak yang semestinya putih, dan peserta dari Italia menggunakan warna merah. Warna tersebut pun akhirnya diterapkan Ferrari untuk seluruh balap mobil yang diikutinya. Ferrari cuma dua kali tak menerapkan warna merah saat balap Formula 1 yaitu pada tahun 1964. Saat itu digunakan paduan warna biru dan putih.

Seiring berjalannya waktu, penggunaan warna balap tradisional mulai tak diikuti pakemnya berganti menggunakan corak warna dari sponsor. Kendati demikian Ferrari tetap memegang teguh tradisi warna yang sudah dianutnya puluhan tahun. Tak aneh jika team ini tetap setia memakai warna khas, merah Ferrari.

Saat ini pun banyak produsen cat mobil yang mengeluarkan produk dengan warna seperti itu. Warna cat merah Ferrari misalnya dikeluarkan oleh pabrik cat merek Samurai, Sikkens, Penta Gloss dan sebagainya. Bahkan warna cat merah Ferrari pun dijual dalam kemasan botol semprot dengan harga murah. Kebanyakan produsen cat mobil merek terkenal pasti mengeluarkan produknya dengan warna merah Ferrari ini.

Namun tren yang dianut Ferrari saat ini sepertinya sudah mulai berubah. Mereka tak lagi mengandalkan warna merah menyala racing red yang selama ini dibanggakannya, terbukti dengan produk mobil terbaru yang keluar dengan warna perak, abu-abu, matte dan warna-warna cerah. Produk terbaru mereka 488 Spider disajikan dengan warna biru keperakan dan bukan warna Rosso Corsa. Bahkan disebutkan bahwa 65 persen mobil produksi mereka keluar dengan warna abu-abu atau perak.

Ferrari tak hanya memiliki Rosso Corsa atau warna merah Ferrari namun juga banyak warna lain seperti : Bianco, Bianco Avus, Argento, Argento Nurburgring, Giallo, Giallo Modena, Oro Chiaro Metallico, Avorio, Rosso Dino, Rosso Rubino, Rosso Metallico, Prugna Metallica, Rosso Metallizzato, Rosso Monza, Rosso Barchetta, Rosso Fiorano, Rosso Scuderia, Rubino Micalizzato, Rosso Mugello, Blu Chairo, Blu Sera Metallico, Azzurro California, Nero Daytona, Blu Medio Metallico, Nero Daytona WB, Blu Swaters, Azzurro Hyperion Metallico, Nuovo Blu Pozzi, Blu Pozzi, Blu Tour de France, Blu Nart, Blu Mirabeau, Blu Abu Dhabi, Avio Met., Blu Scozia, Verde Chiaro Metallico, Verde Scuro Metallico, Verde Inglese, Verde Mugello Met., Verde Zeltweg, Verde British Racing, Grigio Met., Canna di Fucile Metallico, Grigio Ingrid dan masih ada belasan warna menarik lainnya.

LihatTutupKomentar