Perbedaan Pertumbuhan Dan Perkembangan Pada Tumbuhan

Dalam dunia tumbuhan dikenal yang namanya pertumbuhan dan perkembangan. Perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan bisa dilihat dari definisi keduanya. Pertumbuhan terkandung arti penambahan ukuran yang bisa massa, volume, tinggi ataupun jenis ukuran lain yang bisa dihitung secara kuantitatif. Sementara perkembangan mempunyai arti meningkatnya kedewasaan individu. Tumbuhan disebut sudah remaja bila alat reproduksi yang dimilikinya sudah berfungsi dalam hal ini sudah berbunga. Beberapa lainnya menunjukkan definisi perkembangan yaitu perubahan lantaran terjadinya diferensiasi sehingga menjadikan perubahan struktur dan fungsi organ-organ tumbuhan menjadi kian kompleks.

Pertumbuhan :

Dilihat dari artinya, pertumbuhan ialah perubahan yang bisa dikenali berdasarkan ukuran atau kuantitas. Pertumbuhan meliputi pertambahan besar sebagai tanggapan meningkatnya jumlah sel penyusun jaringan. Proses pertumbuhan bersifat irreversible atau tak bisa kembali ke bentuk awal. Namun di sejumlah bencana proses tadi bisa juag bersifat reversible alasannya ialah dalam pertumbuhan berlangsung pula penyusutan ukuran dan jumlah sel dikarenakan kerusakan sel. Sel badan mempunyai kemampuan untuk tumbuh lagi menghasilkan jaringan yang sama. Melalui proses perbanyakan sel maka akan menghasilkan lagi kumpulan sel meristematis penyusun batang, daun, akar dan organ reproduksi. Pertumbuhan ialah perubahan kuantitatif sel, organ tertentu ataupun organisme secara keseluruhan. Pertumbuhan tumbuhan bisa berbentuk pertumbuhan primer dan juga pertumbuhan sekunder. Dua macam pertumbuhan tersebut bekerjsama bermula dari jaringan sama yaitu jaringan Meristem. Jaringan Meristem ialah tipe jaringan dengan karakteristik aktif membelah. Pertumbuhan primer berawal dari jaringan meristem primer sementara pertumbuhan sekunder bermula dari jaringan meristem sekunder.

Perkembangan :

Lebih pasnya didefinisikan sebagai bentuk perubahan kualitatif dengan mengikutkan perubahan struktur dan fungsi yang kian kompleks. Aspek yang mesti dimengerti dari perkembangan ini yaitu terjadinya diferensiasi sel. Diferensiasi bisa dimaknai sebagai perubahan sel ke bentuk lain yang tak sama dengan sel orisinil apakah itu dilihat dari fungsi, ukuran atau bentuknya. Diferensiasi ini contohnya bisa Anda jumpai dikala pembentukan bunga. Pertanyannya dari mana bunga itu bermula? Samakah dengan dikala tumbuh tunas? Kenapa di bab itu yang tumbuh malah bunga?

Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan dipengaruhi oleh dua faktor utama yaitu :

- Faktor internal contohnya ialah produksi hormon (misalnya : Auksin, Giberelin, dsb) yang mengendalikan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.

- Faktor eksternal contohnya keadaan fisika dan kimia lingkungan diantaranya panjang pendeknya hari, suhu, pasokan zat masakan ataupun pencahayaan.

Sehingga bisa disimpulkan bila dalam pertumbuhan dan perkembangan merupakan output dari perpaduan faktor internal dan faktor eksternal. Mandeknya pertumbuhan suatu organ atau jaringan pada tumbuhan bisa dipicu oleh salah satu dari kedua faktor tadi atau juga keduanya secara bersama-sama.
LihatTutupKomentar