Kenali Perbedaan Agama Katolik Dan Protestan

Trinitas yaitu inti dari fatwa agama kristen yang mencakup Bapa (Sang Pencipta), Putra (Yesus Kristus, Tuhan yang bermetamorfosis manusia) dan Roh Kudus (Tuhan di hati manusia). Dalam perkembangannya agama kristen berkembang menjadi 3 aliran gereja gara-gara silang pendapat dari sejumlah umatnya. Ketiga aliran itu yaitu Kristen Ortodoks, Kristen Kristen serta Kristen Protestan. Berikut perbedaan Kristen (Protestan) dan Katolik. Di Indonesia sendiri hanya ada dua yang berkembang yaitu kristen katolik dan kristen protestan. Perbedaan agama katolik dan protestan setidaknya ada beberapa menyerupai berikut ini :


- Paus
Termasuk perbedaan agama katolik dan protestan yang utama yakni pengikut katolik mempunyai pemimpin tertinggi yang dinamakan Paus yang berkedudukan di kota Vatikan, Roma. Sedangkan agama kristen protestan tak mengakui adanya pemimpin tertinggi semenjak era pertengahan. Kejadiannya ketika Paus Leo X hendak mendirikan gereja Basilika St. Petrus di Vatikan, biaya pembangunannya diperoleh dari menggalang dana pembangunan gereja lewat menjual surat pengukuhan dosa. Praktek tersebut tak disetujui pendeta Martin Luther sehingga ia karenanya memisahkan diri yang sekarang pengikutnya di sebut dengan kristen protestan.

- Denominasi gereja
Kristen Kristen melarang umatnya menafsirkan sendiri kitab suci mereka. Untuk tuga menafsirkan tersebut diserahkan kepada Magisterium atau kalangan jago agama yang berkedudukan di kota Roma. Berbeda dengan agama Protestan yang memperbolehkan setiap pengikutnya melaksanakan penafsiran sendiri kitab suci. Bila pengikut Kristen boleh beribadah di gereja mana saja di seluruh dunia, itu tak berlaku untuk pengikut agama kristen protestan yang boleh jadi cuma mendatangi satu gereja yang sama.

- Deutero Kanonika
Meski sama-sama menggunakan kitab suci yang dinamakan Bibel namun kitab suci agama Kristen lebih tebal alasannya yaitu mempunyai juga 12 kitab suplemen yang disebut Deutero Kanonika.

- Orang Kudus
Penggunaan nama dalam agama Kristen umumnya menggunakan nama baptis dengan akhiran -us contohnya : Paulus,  Petrus dan Fransiskus. Sementara pengikut Protestan menggunakan nama nabi contohnya : Samuel,  Abraham atau Daniel.

- Hirarki gereja
Agama Kristen mengenal hirarki pemimpin agama mulai dari romo atau pastur, uskup, kardinal dan berakhir paus. Dengan serta-merta berlaku juga hirarki gereja mulai dari kapel (gereja kecil), gereja paroki (tempat pastur), katedral (tempat uskup/kardinal) dan basilika (tempat paus). Sedangkan agama kristen protestan tak mengenalnya.

- Sakramen
Upacara suci yang dinamakan sakramen ini terdiri dari 7 macam untuk Kristen yakni Baptis (baru memeluk Kristen), Krisma (dilaukan ketika mulai remaja), Ekaristi (dilaksanakan tiap hari Minggu di gereja), Imamat (pentahbisan sebagai pastur), pernikahan, pengukuhan dosa, dan pengurapan (dilakukan ketika kritis). Sedangkan untuk agama Protestan cuma ada Baptis dan Ekaristi.

- Pastur
Bila kristen Kristen khusus laki-laki yang sanggup menjadi pastur namun dalam kristen Protestan boleh laki-laki atau perempuan.

- Bunda Maria
Pengikut agama Kristen sangat memuja bunda Maria sedangkan pengikut Protestan dihentikan mengkultuskan bunda Maria. Ketika masuk ke dalam gereja Kristen maka banyak dijumpai patung bunda Maria, yesus, santa dan bahkan malaikat. Sementara pengikut kristen Protestan melarang patung alasannya yaitu dipandang sebagai berhala sehingga cuma ditemukan salib biasa.

- Perkawinan
Pastur hingga Paus dalam agama Kristen dihentikan menikah sementara kristen Protestan pendetanya diperkenankan menikah.

- Ritual ibadah
Ritual ibadah untuk pengikut Kristen dinamakan misa, sedangkan untuk kristen Protestan dinamakan kebaktian. Pengikut Kristen berdoa dengan membentuk tanda salib menggunakan telunjuk kanan yang disentuhkan ke kening, dada, pundak kiri dan pundak kanan. Sedangkan pengikut kristen Protestan cuma melaksanakan ritual do'a biasa.
LihatTutupKomentar